Teori Belajar dan Pembelajaran

Standar

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Pembelajaran adalah proses interaksi pebelajar dan pendidik serta sumber belajar di lingkungan pendidikan. Pebelajar adalah anggota masyarakat yang mengembangkan diri melalui pembelajaran pada jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang tersedia.

Beberapa teori belajar dan pembelajaran :

1.  Construktivistic

Kebebasan merupakan unsur yang sangat esensial dan menekankan pada proses. Tujuan pembelajaran menekankan penciptaan pemahaman, keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

2.  Behaviourist

Behaviourist berhubungan dengan skill. Dimana skill tidak hanya mencakup keterampulan motorik tetapi juga keterampilas sosial dan psikologis.

3.  Cognitivist

Belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman, tidak sekedar menghubungkan stimulus dan respon. Dalam hal ini lebih mementingkan proses dari pada hasil (melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks)

4.  Humanist

Humanist berkaitan dengan pemahaman, dimna proses belajar menekankan pada keterampilan interpersonal (kemampuan introspeksi).

  • 5.  Social – Constructivism

Social constructivism mengacu pada sosio cultural. Pendidik memfasilitasi pengembangan potensi kreatif pebelajar dan memperhatikan saling ketergantungan dalam konteks sosial.

6.  Information – Processing

Belajar adalah proses mengaitkan informasi dengan pengalaman yang sudah ada. Pendidik membantu pebelajar mengembangkan, menerapkan, dan menilai strategi belajar sendiri.

7.  Teori Triarchic

Inteligensi sebagai suatu jenis pengelolaan mental yang terdiri dari compenential inteligence, experience inteligance, dan contextual inteligance.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s