Psikologi Anak

Standar

Perkembangan psikologi anak dimulai sejak baru dilahirkan. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa, bayi yang baru lahir dan masuk di bulan pertama kehidupannya hanya bisa mengalami rasa bahagia, sedih, dan marah. Senyum pertama bayi akan bisa dilihat di usia 6-10 minggu. Menurut imu psikologi anak, senyum yang diperlihatkan oleh bayi merupakan senyum sosial yang terjadi pada saat interaksi sosial.

Perkembangan psikologi anak yang cukup cepat di usia 8-12 bulan merupakan usia yang rawan, dimana batita mulai merasakan senang saat berada dengan orang-orang yang akrab dengannya, merasakan ketakutan saat ia berada di sekitar lingkungannya, serta dapat merasakan kecemasan saat berpisah dengan orang-orang terdekatnya atau didekati oleh orang asing. Disamping itu, karena usianya yang belum cukup mengerti akan keadaan di sekitarnya untuk mampu merasakan dan membuat pertimbangan apa yang dibutuhkan, diinginkan, serta apa yang menjadi kepentingan orang lain, maka anak memiliki sifat egosentris yang sangat besar.

Perkembangan psikologi anak terutama di usia balita sangatlah penting diperhatikan, mengingat di usia balita merupakan faktor dimana mereka memerlukan semua kebutuhan baik fisik maupun mental. Dari dua kebutuhan tersebut merupakan faktor utama bagi anak saat mengalami pertumbuhan dan perkembangannya. mendongeng merupakan salah satu cara yang dapa digunakan untuk mengembangkan anak.

Dongeng dapat mengasah imaginasi anak dan kreatifitasnya. Dengan dongeng, anak akan membayangkan semua hal yang ada di dalam cerita dengan gayanya sendiri. Otaknya akan terus bekerja dan ini mengasah daya pikir kreatifnya. Selain itu dongeng juga dapat mengasah daya ingat anak. Setelah membaca dongeng, coba bunda kembali bertanya kepada anak, siapa saja nama tokoh yang ada dalam dongeng. Anak akan mengembalikan memorinya dan mencoba mengingat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s