Pembelajaran dengan Pendekatan SCL (Student Centered Learning)

Standar

Pembelajaran sebelum KBK/SCL memiliki beberapa catatan seperti, pengajaran dititik beratkan pada penguasaan materi, materi ajar disusun berdasarkan logika atau struktur pengetahuan, pengajaran lebih banyak diperuntukkan bagi dosen.

Perubahan paradigma mengimplikasikan perubahan dalam pendekatan pembelajaran dari Teacher Centered Learning (TCL) berubah menjadi Student Centered Learning (SCL). Berikut ini adalah beberapa perbedaan TCL dan SCL,

Teacher Centered Learning

Student Centered Learning

  1. Pebelajar berperan pasif, hanya sebagai penerima ilmu pengetahuan
  2. Pembelajaran bersifat konstan sehingga pebelajar kurang mendapat pengalaman belajar
  3. Berpusat pada pendidik sehingga materi yang diajarkan sebatas pengetahuan pendidik
  1.  pebelajar sebagai fokus pembelajaran
  2. Dosen dan pebelajar sama-sama aktif dalam mengikuti perkembangan ilmu
  3. Dalam proses pembelajaran dapat menggunakan berbagai metode untuk melibatkan keaktifan peserta didik
  4. Diharapkan pebelajar dapat mengembangkan keterampilan belajar, berpikir kritis, reflektif, kreatif, analitis dalam penyelesaian masalah
  5. Dosen atau pendidik sebagai fasilitator

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s