Alternatif Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi

Standar

Setiap institusi pendidikan mempunyai profil lulusan sebagai gambaran lulusan yang akan “berperan” sebagai apa dalam kehidupan di kemudian hari yang dapat dilakukan oleh lulusan. Untuk dapat menjalankan peran tersebut, dibutuhkan sejumlah kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan.

Klasifikasi kompetensi menurut Kemendiknas No 045/U/2002 yaitu kompetensi utama (berdasarkan kesepakatan bersema program studi sejenis), kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya (berdasarkan PT/PS masing-masing). Penyusunan kompetensi ditinjau dari 3 unsur (value’s, scientific usion, dan market signal) yang saling berkaitan. Kompetensi lulusan juga mempunyai 5 elemen dasar, yaitu :

  1. Landasan kepribadian,
  2. Penguasaan ilmu dan keterampilan,
  3. Kemampuan berkarya,
  4. Sikap dan perilaku dalam berkarya, dan
  5. Pemahaman kaidah berkehidupan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s