Pendidikan sebagai Sistem dan Isu strategi Pendidikan Tinggi

Standar

Sistem pendidikan tinggi diatur dalam undang-undang No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Penetapan undang-undang tersebut dimaksudkan agar sistem pendidikan nasional menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi perubahan lokal, nasional, dan global.

Sistem adalah proses input yang mengalami berbagai macam sub sistem hingga menghasilkan output. Akan terjadi konflik bila pengembang pendidikan tidak mengikuti perkembangan yang terjadi secara menyeluruh dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Komponen pendidikan meliputi input (sumber daya), proses (pemanfaatan sumber daya), dan output (hasil dan dampak) yang dipengaruh oleh tujuan pendidikan. Dibutuhkan suasana akademik yang baik untuk menghasilkan lulusan yang diharapkan, dimana suasana akademik adalah keleluasaan pebelajar untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk menunjuk sistem pendidikan.

Penetapan strategi merupakan bagian terpenting dalam penyusunan “Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang” dengan tujuan untuk menempatkan sistem dengan segala keterbatasannya pada posisi yang baik di masa depan agar mampu menanggapi tantangan yang dihadapi.

Pendidikan Tinggi berperan dalam mengangkat martabat bangsa dalam kehidupan global, sesuai dengan visi Kemendiknas yaitu trselenggaranya layanan prima pendidikan nasional untuk membentuk insan Indonesia cerdas kompetitif. Kompetitif dalam hal ini menunjuk pada masyarakat Indonesia berpendidikan yang mempunyai kepribadian unggul, semangat tinggi, mandiri, dan pantang menyerah, serta cerdas secara spiritual, emosional-sosial, intelektual, dan kinestetis.

Tujuan strategi pendidikan tinggi yaitu tersedianya dan terjangkaunya layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, relevansi, berdaya saing internasional dan berkesetaraan di semua provinsi, melalui strategi peningkatan kompetensi pendidik dan penyempurnaan sistem pendidikan. Kompetensi pendidik antara lain : kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s