Paradigma Konstruktivisme

Standar

Konstruktivisme merupakan suatu paradigma pembelajaran yang menjelaskan pandangan tentang belajar, proses pembelajaran, yang mengajak pelajar mengkonstruksi sendiri informasi yang diterima, sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada pendidik. Paradigma konstruktivisme mengajak pelajar untuk aktif, kreatif, dan produktif. Adanya perubahan paradigma ini, membuat pendidik harus mengubah cara pelajar belajar, dengan meningkatkan interaksi antar pelajar, memprakarsai pembelajaran yang mengacu pada kegiatan belajar kooperatif, memberi kesempatan pelajar untuk mempelajari kurikulum lintas mata pelajaran.

Perubahan yang terjadi secara global yang meliputi persaingan, persyaratan kerja dan perubahan orientasi menyebabkan perubahan kompetensi lulusan dan perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum menyebabkan perubahan pada paradigma, meliputi pengetahuan, belajar, dan mengajar, maka terjadi perubahan perilaku pembelajaran. Perubahan-perubahan tersebut diharapkan pada peningkatan mutu lulusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s