Konsep Pengembangan Kurikulum

Standar

Kurikulum merupakan suatu acuan atau pedoman yang bersifat statis (selalu berubah). Faktor perkembangan kurikulum dipengaruhi oleh faktor internal (kehendak dari pihak yang terlibat langsung) dan eksternal. adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum adalah faktor budaya, perubahan global, perubahan kebutuhan stakeholder akan kompetensi lulusan, dan sebagainya. Selain itu, pergeseran paradigma emdidikan juga menyebabkan perubahan atau pengembangan kurikulum, misalkan dari KBI ke KBK, dari behavioristik ke konstrivistik, dari pengajaran ke pembelajaran.

Penyusunan kurikulum dikembangkan dari merumuskan kompetensi lulusan, menyusun materi keilmuan dan strategi pembelajaran, menyusun pembelajaran SCL, dan asessment pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s