Support Sosial Untuk Mencapai Peran Ibu

Standar

Kehidupan manusia berjalan seiring dengan bertambahnya usia. Tidak hanya itu, peran pun ikut mengalami perubahan sesuai dengan perubahan kehidupan pada manusia, terutama bagi seorang wanita. Seorang wanita harus memulai beradaptasi terhadap perubahan-perubahan perannya sebagai manusia, salah satunya adalah perannya sebagai seorang ibu. Menurut Ramona T. Mercer, dibutuhkan support sosial untuk mencapai peran sebagai ibu. Support sosial tersebut terdiri dari : support emosional, support informasional, support fisik, support appraisal. Keempat support sosial tersebut harus ada untuk mendukung keberhasilan pencapaiaan peran sebagai ibu.

Support Emosional

Support emosional untuk mencapai keberhasilan peran sebagai ibu didapatkan dari kelurga, saudara, teman, bidan , dan orang-orang disekitar ibu tersebut. Support emosional ini  berupa  perasaan dicintai, diperhatikan, dipercaya dan dimengerti. Ketiadaan support emosional ini akan membuat ibu kesulitan dalam mencapai perannya karena merasa sendiri dan kesepian. Apabila hal ini terjadi, si ibu bisa mengalami stress, baik stress ringan maupun stress berat. Misalnya, seorang wanita yang baru kali pertama hamil tidak mendapatkan perhatian yang lebih dari orang-orang terdekatnya, seperti suami dan  orang tua. Ibu tersebut akan merasa sendiri dalam perubahan peran yang dialaminya sehingga kemungkinan akan menyebabkan ia menjadi stress.

Support Informasional

Kebutuhan informasi sangat penting dalam masa perubahan peran sebagai ibu bagi wanita. Hal ini diperlukan agar hasil pencapaian peran tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Support informasional yang berupa pemberian informasi yang berguna untuk menolong diri sendiri atau menghadapi masalah bagi calon ibu. Support informasional dapt diberikan oleh bidan maupun orang-orang terdekat si ibu yang telah berpengalaman, seperti ibunya, teman, tetangga, atau yang lainnya. Misalnya, wanita yang sedang dalam proses pencapaian peran sebagai ibu pastilah memerlukan banyak informasi, baik informasi mengenai cara menjaga kesehatan selama hamil dan menyusui, bagaimana cara menjaga dan merawat seorang bayi, dan juga informasi-informasi lain yang sesuai bagi ibu dari masa hamil hingga perawatan anak yang biasanya dilakukan oleh bidan dan keluarga si ibu.

Support Fisik

Support fisik dalam bentuk bantuan langsung juga diperlukan bagi seorang ibu baru. Jenis bantuan langsung seperti mengasuh anak. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan dari orang tua, teman, tetangga, bidan, dan lainnya. Contoh lainnya dari support fisik yaitu meminjami atau memberikan bantuan keuangan dari teman atau keluarga bagi keluarga ibu baru untuk memenuhi kebutuhan bayinya, seperti susu, perlengkapan bayi, atau kebutuhan-kebutuhan yang lain.

Support Appraisal

Support appraisal berupa informasi dari orang lain mengenai bagaimana seharusnya wanita menjalani peran sebgai ibu. Support ini biasanya diberikan oleh orang tua yang sudah berpengalaman atau oleh seorang bidan. Pemberian support ini bertujuan agar wanita yang sedang mencapai peran sebagai ibu tidak salah langkah nantinya dalam menjalani perannya.  Misalnya, bidan memberikan informasi yau nasehat agar seorang wanita yang sudah menjadi ibu sebaiknya meluangkan banyak waktunya (bila ibu merupakan wanita karir) untuk merawat anak dan melayani suami agar tercipta keluarga yang harmonis. Sehingga keluarganya tidak kekurangan perhatian dari ibu.

Proses pencapaian peran sebagai ibu tidaklah mudah. Proses ini memerlukan banyak dorongan atau dukungan dari berbagai pihak agar tujuan perubahan peran tersebut dapat tercapai dengan baik dan tidak ada penyimpangan dalam melaksanakan peran nantinya. Menempatkan diri sesuai dengan perannya masing-masing akan melahirkan sebuah keluarga yang harmonis dan sehat. Sesuai dengan penelitian Mercer, pencapaian peran sebagai seorang ibu membutuhkan dukungan dalam berbagai bentuk, seperti dukungan secara rohani dan jasmani (fisik), informasi, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s