Review International Jurnal

Standar

1. PENDAHULUAN

a. Metode pencarian Literatur

  • Jurnal diambil dari pubmed dengan alamat link http://www.ajcn.org/content/56/6/988.long
  • Tidak ada kriteria eksklusi inklusi dalam pencarian literatur.
  • Kata kunci yang digunakan adalah anemia, pregnancy, indonesia .
  • Dengan jumlah literatur yang didapatkan 33 artikel dengan 8 free full-text artikel di PubMed Central.

b. Abstrak

Studi cross-sectional dari prevalensi besi dan kekurangan vitamin A pada ibu hamil normal di Jawa Barat, Indonesia. Dari 318 perempuan yang diteliti, 49,4% menderita anemia dan, menurut beberapa kriteria, 43,5% anemia defisiensi besi, 22,3% memiliki kekurangan zat besi eritropoiesis, dan 6,6% memiliki deplesi besi. Berdasarkan nilai serum retinol bahwa 2,5% wanita hamil kekurangan vitamin A dan 31% dengan status vitamin A rendah. Tes respon relatif dosis dilakukan terhadap 45 wanita menunjukkan bahwa 4 (8,9%) memiliki kekurangan simpanan vitamin A  di hati. Setelah tahap kehamilan, paritas, dan penyesuaian tempat penelitian, konsentrasi serum retinol  secara signifikan berhubungan positif (P <0,01) dengan konsentrasi hemoglobin, hematokrit, dan konsentrasi besi serum. Status kekurangan vitamin A terkait dengan anemia karena kekurangan gizi yang menunjukkan bahwa perempuan hamil di daerah tersebut harus dilengkapi tidak hanya dengan besi tetapi juga dengan vitamin A. berdasarkan penelitianl ini maka harus diuji lebih dalam dengan sebuah studi intervensi.

Kata kunci: vitamin A, besi, anemia, kehamilan, indonesia

2. Deskripsi / Artikel jurnal

a. Deskripsi Umum

  • Judul jurnal : “Cross-sectional study on the iron and vitamin A status of pregnant women in West Java, Indonesia”
  • Penulis : Djoko Suharno, C/ire E it ‘est, Mu/u/al, Margot HGM Loginan, Frouwkje G de Waart, Darwin Kari’adi, and Joseph GAJ Hautvast
  • Publikasi : Am J C/in Nuir 1992;56:988-93. Printed in USA. © 1992 American Society for Clinical Nutrition
  • Penelaah review : Dian Kusumawardani/NIM P 27224012 054
  • Tanggal telaah : 29 Juni 2012

b. Deskripsi Content

  • tujuan penelitian : studi cross-sectional dari prevalensi besi dan kekurangan vitamin A pada ibu hamil normal
  • hasil penelitian : Dari 318 perempuan yang diteliti, 49,4% menderita anemia dan, menurut beberapa kriteria, 43,5% anemia defisiensi besi, 22,3% memiliki kekurangan zat besi eritropoiesis, dan 6,6% memiliki deplesi besi. Berdasarkan nilai serum retinol bahwa 2,5% wanita hamil kekurangan vitamin A dan 31% dengan status vitamin A rendah. Tes respon relatif dosis dilakukan terhadap 45 wanita menunjukkan bahwa 4 (8,9%) memiliki kekurangan simpanan vitamin A  di hati
  • kesimpulan penelitian : terdapat hubungan antara metabolisme vitamin A dan besi, studi intervensi vitamin A dan suplementasi besi mulai direncanakan.

3. Telaah / Review Artikel

a. Fokus penelitian

Latar belakang dibuatnya penelitian adalah mengetahui pengaruh antropometri ibu, faktor ibu dan berat lahir dari ibu hamil pada kehamilan dan untuk menghubungkan berat lahir sebagai hasil dari parameter ini pada kehamilan.

b. Gaya dan sistematika penulisan

Sistematika penulisan sudah tersusun dengan baik dan jelas mulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (Konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan dan kata kunci ).

c. Penulis

Penulis jurnal ini adalah Djoko Suharno, C/ire E it ‘est, Mu/u/al, Margot HGM Loginan, Frouwkje G de Waart, Darwin Kari’adi, and Joseph GAJ Hautvast

Menurut penelaah, dengan melihat latar belakang departemen mereka berasal, penulis tersebut mempunyai kualifikasi yang cukup di bidang yang mereka teliti.
d. Judul penelitian

Cross-sectional study on the iron and vitamin A status of pregnant women in West Java, Indonesia. Judul penelitian telah menggambarkan apa yang akan diteliti, namun sayangnya tidak mencantumkan tempat secara signifikan dan tahun penelitian

e. Abstrak

Kelebihan pada abstrak dijurnal ini adalah Abstrak mampu menggambarkan secara jelas mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang didapatkan, juga mencantumkan kata kunci.

Namun, jurnal ini tidak menyebutkan rekomendasi apa yang diberikan kepada pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan dalam penelitian ini. Tidak menuliskan hasil dari variabel penelitian.

f. Masalah dan tujuan penelitian

Masalah dalam penelitian ini adalah masih besarnya angka kejadian anemia dalam kehamilan di negara–negara berkembang.

g. Tujuan dari penelitian ini adalah studi cross-sectional dari prevalensi besi dan kekurangan vitamin A pada ibu hamil normal. Namun tujuan ini hanya dicantumkan dalam abstraknya saja.

h. Literatur / tinjauan pustaka

Literatur yang digunakan menurut saya sudah baik karena sudah memakai berbagai macam literatur yang dapat menunjang penelitian tersebut.

i. Hipotesis/pertanyaan penelitian

Pada jurnal ini tidak dicantumkan hypotesis/ pertanyaan penelitian, jadi tidak bisa ditelaah.

j. Populasi dan sampel

Pada jurnal ini 318 wanita hamil dipilih sebagai subyek penelitian. Wanita hamil diminta untuk datang ke posyandu atau ke balai desa di desa untuk diperiksa. (The pregnant women were requested to come to the Posyandu (integrated service post) or to the ‘Balai Desa’ (community center) in the village for examination).

k. Kriteria inklusi adalah kelompok usia (25-35 tahun) yang berasal dari kelas sosio-ekonomi menegah kebawah dan biasa menggunakan sarana kesehatan umum.

l. Pertimbangan etik

Penelitian ini dilakukan mengikuti standar etika Departemen Kesehatan di Indonesia

m. Definisi Operasional

Tidak disebutkan secara jelas definisi operasional dalam jurnal.

n. Metode penelitian / (setting dan Design)

Penelitian ini menggunakan metode penelitian cross sectional study.

o. Data dan analisa data

Analisis statistik terdiri dari regresi tunggal dan ganda dengan uji t-test. Multiple-analisis regresi dilakukan dengan indeks besi yang berbeda sebagai variabel dependen dan serum retinol. gestational usia, paritas, dan kecamatan sebagai mdcpendent variabel.

p. Hasil penelitian

Dari 318 perempuan yang diteliti, 49,4% menderita anemia dan, menurut beberapa kriteria, 43,5% anemia defisiensi besi, 22,3% memiliki kekurangan zat besi eritropoiesis, dan 6,6% memiliki deplesi besi. Berdasarkan nilai serum retinol bahwa 2,5% wanita hamil kekurangan vitamin A dan 31% dengan status vitamin A rendah. Tes respon relatif dosis dilakukan terhadap 45 wanita menunjukkan bahwa 4 (8,9%) memiliki kekurangan simpanan vitamin A  di hati.

q. pembahasan hasil penelitian

Kelebihan : Pada bagian pembahasan hasil, sudah dijelaskan secara rinci tentang hasil – hasil yang diperoleh peneliti selama penelitian.

Kekurangan : Kurang dijelaskan secara detail apakah hasil yang didapatkan itu memberikan dampak positif atau negatif terhadap penelitian itu sendiri.

r. Referensi / daftar pustaka literatur yang digunakan sudah menggunakan literatur yang berasal dari jurnal – jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya dan literatur-literatur lainnya yang berasal dari organisasi internasional.

s. Kesimpulan dan saran

Kelebihan : Isi kesimpulan peneliti merupakan jawaban dari tujuan penelitian dan kesimpulannya sudah ringkas, jelas dan padat. Namun, saran yang merupakan harapan peneliti hanya ditulis dalam abstrak.

Kekurangan : Peneliti tidak memberikan rekomendasi kepada instansi terkait yang berhubungan dengan penelitiannya.

4. Penutup

Penelitian “Cross-sectional study on the iron and vitamin A status of pregnant women in West Java, Indonesia” merupakan penelitian yang diterbitkan pada tahun 1992, walau merupakan penelitian lama yang mungkin sudah ada perbaharuan penelitian, tetapi penelitian ini bisa menjadi bahan bacaan untuk melakukan penelitian serupa di tempat-tempat lainnya. Penelitian ini dapat memberi masukan penelitian serupa menjadi penelitian yang lebih baik dengan meminimalkan bias penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Suharno, Djoko, dkk. 1992. Cross-sectional study on the iron and vitamin A status of pregnant women in West Java, Indonesia. At : http://www.ajcn.org/content/56/6/988.long

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s