Kehamilan Trimester II

Standar

Usia kehamilan di trimester II sudah cukup kuat dan mantap.sejumlah keluhan sudah mulai berkurang. Keluhan yang sering dialami pada saat-saat awal kehamilan sudah tidak muncul lagi. Akan tetapi, pada kehamilan trimester II ini ibu hamil perlu melakukan sejumlah pemeriksaan. Pemeriksaan amniocentesis, misalnya, diperuntukkan bagi wanita di atas usia 35 tahun, mereka yang memiliki riwayat keluarga cacat bawaan, dan mereka yang pernah mengalami keguguran berulang.

1) Perubahan Fisik
Perubahan fisik trimester kedua kondisi fisik ibu lebih sedikit nyaman. Di sini kondisi kesehatan ibu hamil semakin lebih baik dan merasa terbebas dari ketidaknyaanan normal. Selama ini ibu hamil mengalami kemunduran psikologis seperti depresi.
a) Usia kehamilan bulan keempat
Ciri-ciri perubahannya yaitu frekuensi buang air kecil; mual pagi hari mulai berkurang; nafsu makan meningkat; pengeluaran cairan vagina perlahan-lahan meningkat; payudara, perut, dan pinggang makin membesar; jumlah air ludah meningkat manakala rasa mual muncul lagi; libido hubungan seksual semakin meningkat; dan meningkatnya kelenjar keringat.
b) Usia kehamilan bulan kelima
Ciri-ciri perubahannya yaitu rasa sakit pada perut, bengkak pada kaki dan tumit, terkadang terasa panas pada bagian dada, kram kaki, dan denyut jantung.
c) Usia kehamilan bulan keenam
Ciri-ciri perubahannya yaitu konstipasi atau sembelit, munculnya varises, sakit pinggang, gatal-gatal, tanda bergaris yang terjadi pada perut (vena) dan garis itu semakin terlihat jelas hingga trimester ketiga usia kehamilan.

2) Perawatan Diri
Usia kehamilan trimester II adalah saat dimana ibu akan mengalami peningkatan berat badan yang signifikan (kurang lebih 6 kg) sehingga ibu harus makan makanan bergizi dengan teratur.bentuk tubuh juga berubah karena otot dinding perut membesar agar mampu mengakomodasi perkembangan rahim.
Pusat grafitasi tubuh ibu berubah karena membawa beban berat yang selalu bertambah di bagian depan. Berdiri condong ke belakang untuk mencoba melawan beban tersebut dapat mengakibatkan nyeri punggung. Mencegah sakit punggung dengan posisi punggung tegak saat duduk dan jangan membungkuk, jangan mengenakan sepatu hak tinggi, dan disarankan duduk pada kursi yang keras atau lantai. Jagalah agar punggung selalu dalam posisi tegak jika mengangkat sesuatu, tekuk lutut dan angkat dengan posisi membungkuk.

3) Perawatan Prenatal
Urin, berat badan, dan tekanan darah diperiksa secara teratur dengan uji klinis untuk mengetahui cacat kromosom sejak dini. Selama bulan keempat, ibu bisa melakukan scan ultrasonic secara rutin, dan ibu akan terpesona menyaksikan perkembangan janin dalam rahimnya. Ibu juga dapat mendengar detakjantung dan melihat janinnya bergerak.

4) Persiapan Untuk Bayi
Menjelang akhir trimester II, ketika ibu merasa sehat dan bertenaga, adalah saat yang ideal untuk mempersiapkan kamar bayi dan mengunjungi toko pakaian dan perlengkapan bayi. Ibu dan keluarga dapat mulai mempersiapkan berbagai keperluan yang ibu butuhkan saat melahirkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s